Jumat, 18 Desember 2015

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Memberi Makanan untuk Anak


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan,  empat hal utama, sebagai berikut:
1.      Waktu pemberian makanan pendamping ASI pertama.
Harus tepat 6 bulan atau 180 hari. Tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Karena ada risikonya masing-masing. Namun, ada pengecualian bagi bayi yang lahir premature. Pemberian makanan pendamping ASI harus dikonsultasikan dengan dokter, apakah mengikuti usia due date atau hari perkiraan lahir (HPL) atau bukan birth date/tanggal kelahiran karena akan terkait dengan pencernaan bayi.
2.      Tekstur makanan pendamping ASI.
Pemberian makanan pendamping ASI untuk setiap tahapan usia harus memperhatikan teksturnya. Pada usia 6 bulan, ketika bayi baru belajar makan, tekstur makanan pendamping ASI yang diberikan harus cair. Setelah itu, secara bertahap, tingkat kekentalannya dinaiknya hingga nantinya pada usia 12 bulan, anak sudah diberi makanan padat.
3.      Porsi makan.
Pada awal pemberian makanan pendamping ASI, porsi yang diberikan cukup beberapa sendok makan dewasa. Selanjutnya, jumlahnya ditingkatkan secara bertahap sesuai pertambahan usianya agar bayi mendapat porsi yang tepat.
4.      Jenis makanan.
Makanan yang diberikan harus beragam agar bayi tidak bosan dan tentunya kebutuhan gizinya terpenuhi. Jangan sampai anak kekurangan gizi karena akan mengganggu tumbuh kembangnya.
5.      Anak sangat dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan. Karena tidak ada satu pun jenis makanan yang bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi tubuh manusia. Berikan anak makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani dan nabati, serta vitamin yang berasal dari buah, sayur, dan kacang-kacangan.
6.      Selain itu, ibu tetap harus perhatikan bahwa ada beberapa anak yang alergi terhadap makanan tertentu. Dalam pemberian makanan pendamping ASI, hindari pembuatan makanan beku, karena selain banyak nutrisi yang hilang, makanan ini juga rawan terkena kontaminasi bakteri.

7.      Insting lapar dan mau makan akan muncul setelah usia dua tahun. Karena itulah, selama masa makanan pendamping ASI ini anak kadang mau makan, kadang tidak. Apa pun yang sudah dihasilkan anak, apa pun yang sudah dilakukan anak, kasih apresiasi yang bagus buat dia agar anak merasa bangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar