Metode atau cara mendidik anak pada usia dini, tentu
sangatlah berbeda dengan metode atau cara mendidik anak pada masa remaja atau
masa setelahnya. Untuk mendidik anak pada usia dini, kita harus menyajikan
materi yang akan kita ajarkan dengan desain yang sangat menyenangkan, salah
satunya dengan komputer.
Dengan komputer, proses belajar anak akan terasa
sangat menyenangkan. Hal itu tidak bisa dipungkiri lagi, dengan komputer kita
bisa memasukkan program-program edukasi yang cocok untuk pendidikan anak pada usia
dini. Dengan komputer pula, kita sebagai pendidik akan merasa sangat terbantu
dengan penyampaian yang disajikan oleh komputer tanpa meragukan hasil yang
kurang optimal. Adanya tampilan gambar warna-warni yang dapat bergerak serta
didukung dengan suara atau nyanyian yang riang gembira dapat merangsang anak
untuk lebih betah bermain sambil belajar. Karena hanya metode bermain sambil
belajarlah yang cocok diberikan kepada anak usia dini.
Agar penggunaan TIK lebih optimal dan di jalankan dengan baik dan
benar, berikut ada beberapa metode pemecahan masalah agar dampak negatif dari
TIK dapat tertanggulangi, yaitu:
1) Mempertimbangkan pemakaian TIK dalam
pendidikan, khususnya anak usia dini yang masih harus dalam pengawasan ketika
sedang melakukan pembelajaran dengan TIK.
2) Tidak menjadikan TIK sebagai media atau
sarana satu-satunya dalam pembelajaran, namun juga bisa dengan buku cerita dan
gambar-gambar yang menarik.
3) Menggunakan software yang dirancang khusus
untuk melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja program nany chip atau parents
lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala akses yang berbau seks
dan kekerasan.
4) letakkan komputer di ruang publik rumah,
seperti perpustakaan, ruang keluarga, dan bukan di dalam kamar anak.
5) Untuk mencegah kecanduan orang tua perlu
membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer. Sehingga pada usia
yang lebih besar, diharapkan anak sudah dapat lebih mampu mengatur waktu dengan
baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar